Wednesday, 11 April 2012
Bab I
Perbandingan Bimbingan
dan Konseling Pola 17+ dan Bimbingan Komprehensif
No
|
Aspek pembanding
|
Pola 17+
|
Komprehensif
|
Persamaan
|
Perbedaan
|
1.
|
Pengertian
|
Pemberian bantuan kepada peserta didik melalui, enam bidang bimbingan,
sembilan layanan, dan enam layanan pendukung yang sesuai dengan norma yang
berlaku.
|
Pemberian
bantuan kepada peserta didik melalui layanan dasar bimbingan, layanan
responsive, layanan perencanaan individual dan dukungan system sesuai dengan
norma yang berlaku di masyarakat.
|
Sama-sama
proses pemberian bantuan kepada peserta didik.
|
Perbedaan
ada dalam hal layanannya.
|
2.
|
Tujuan
|
Membantu
peserta didik mengenal bakat , minat , dan kemampuannya, serta memilih dan
menyesuaikan diri dengan kesempatan, pendidikan, dan merencanakan karier yang
sesuai dengan tuntutan kerja.
|
Membantu
peserta didik mengenal bakat , minat , dan kemampuannya, serta memilih dan
menyesuaikan diri dengan kesempatan, pendidikan, dan merencanakan karier yang
sesuai dengan tuntutan kerja. Serta mengembangkan pola 17+
|
Sama-sama
Membantu peserta didik untuk mengenal dirinya
|
Bimbingan
komprehensif mengembangkan pola 17+
|
3.
|
Fungsi
|
-Pemahaman
-Pencegahan
-Perbaikan
-Pemeliharaan
-Pengembangan
-Penyaluran
-Penyesuaian
-Adaptasi
|
-Pemahaman
-Pencegahan
-Penyesuaian
-Pemecahan
|
Sama-sama
memiliki fungsi:
ü Pemahaman
ü Pencegahan
ü Penyesuaian
ü pemecahan
|
Pada
bimbingan komprehensif tidak ada fungsi:
ü perbaikan
ü pemeliharaan
ü pengembangan
ü penyaluran
ü penyesuaian
ü adaptasi
Sementara
pola 17+ tidak punya fungsi pemecahan
|
4.
|
Layanan
|
· Orientasi
· Informasi
· Penempatan dan penyaluran
· Pembelajaran
· Konseling perorangan
· Bimbingan kelompok
· Konseling kelompok
· Konsultasi
· Mediasi
|
· Layanan dasar bimbingan
· Layanan responsive
· Layanan perencanaan individual
· Dukungan sistem
|
Tidak ada
persamaan
|
Berbeda
jenis layanannya
|
5.
|
Bimbingan
|
Ø Pribadi
Ø Social
Ø Karier
Ø Belajar
Ø Keberagamaan
Ø Keberkeluargaan
|
Ø Pribadi
Ø Social
Ø Karier
Ø Belajar
Ø Keberagamaan
Ø Keberkeluargaan
|
Mempunyai
bimbingan yang sama
|
Tidak ada
perbedaanya
|
6.
|
Kegiatan
pendukung
|
v Aplikasi instrumentasi
v Himpunan data
v Konferensi kasus
v Kunjungan rumah
v Alih tangan kasus
v Terapi kepustakaan
|
v Aplikasi instrumentasi
v Himpunan data
v Konferensi kasus
v Kunjungan rumah
v Alih tangan kasus
v Terapi kepustakaan
|
Mempunyai
kegiatan pendukung yang sama
|
Tidak ada
perbedaanya
|
7.
|
Tempat
kegiatan
|
Dapat
dilaksanakan diluar maupun didalam kelas
|
Dapat
dilaksanakan diluar maupun didalam kelas
|
Mempunyai
tempat kegiatan yang sama
|
Tidak ada
perbedaanya
|
Bab II
Bimbingan dan Koseling
Pola 17+
1.
Pengertian
Bimbingan dan Konseling Pola 17+
Bimbingan dan konseling pola 17+ adalah pemberian
bantuan kepada peserta didik melalui, enam bidang bimbingan, sembilan layanan,
dan enam layanan pendukung yang sesuai dengan norma yang berlaku.
2.
Tujuan
Bimbingan dan Konseling Pola 17+
Secara umum tujuan bimbingan dan konseling pola 17+
adalah membantu peserta didik mengenal bakat , minat , dan kemampuannya, serta
memilih dan menyesuaikan diri dengan kesempatan, pendidikan, dan merencanakan
karier yang sesuai dengan tuntutan kerja. Secara khusus bertujuan untuk
membantu peserta didik agar dapat mencapai tujuan-tujuan perkembangan meliputi
aspek pribadi, social, belajar, dan karier.
3.
Fungsi
Bimbingan dan Konseling Pola 17+
§
Fungsi pemahaman, fungsi yang menghasilkan
pemahaman peserta didik tentang diri dan lingkungan.
§
Fungsi pencegahan, fungsi yang berupaya mencegah
peserta didik agar tidak menemui permasalahan yang dapat mengganggu,
menghambat, atau menimbulkan kesulitan dalam proses perkembangannya.
§
Fungsi perbaikan, fungsi bimbingan dan konseling
dalam membantu peserta didik mengatasi berbagai permasalahan yang di hadapi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar